Jumat, 01 Juni 2012

12 Pemanfaatan TIK di Sekolahku Secara Sehat

Di jaman yang serba modern ini siapa sih yang tidak mengenal INTERNET ?. semua orang pasti mengenal internet, mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Dalam artikel kali ini saya akan menceritakan tentang penggunaan media internet sebagai media belajar.

ilustrasi internet

Banyak orang yang mungkin mengenal internet hanya sebagai tempat ber-Chatting Ria atau mungkin  juga sebagai tempat bermai GAME ONLINE. pada awalnya saya pun begitu, saya mengenal internet hanya sebagai tempat bermain bermain Game online. Tetapi setelah lebih jauh mengenal internet saya menemukan banyak kegunaan internet. Contohnya : sebagai tempat bertukar informasi, media diskusi online, media pembelajaran dan lain-lain.

kumpulan social media

Apakah teman teman sekalian pernah mendengar istilah “SocMed” ?, kalau teman teman belum pernah mendengar istilah SocMed saya akan menjelaskannya di sini. SocMed atau yg lebih dikenal sebagai social media adalah Media online yang mendukung interaksi sosial. Social media menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Contoh contoh socmed adalah Yahoo, Google, Facebook, twitter dan masih banyak lagi.
Berkat socmed kita dapat melakukan diskusi secara online dengan memanfaatkan beberapa website atau aplikasi seperti facebook dan yahoo messenger. Dalam hal ini saya contohkan saat saya sedang diskusi kelompok, tetapi salah satu anggota kelompok berada di daerah yag jauh dan tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan maka yahoo messenger lah yang menjadi solusinya.Penggunaan Yahoo Messenger sebagai perangkat lunak real-time discussion (diskusi waktu-nyata) dan video conference (konferensi jarak jauh dengan fasilitas video dan audio) D.video conferance adalah salah satu fasilitas yahoo yang menggunakan video sebagai alat komunikasi.

yahoo messenger video conferance
                                          
Selain socmed kita juga dapat memanfaatkan fasilitas Blog sebagai media belajar online, menurut saya di blog cukup lengkap. hampir semuanya ada mulai dari catatan harian sampai catatan sekolah. Pernah suatu saat saya diberi tugas oleh guru, tugasnya cukup sulit saat saya cari di buku pun tidak ketemu. Tak mau ambil pusing akhirnya saya cari lewat google, akhirnya saya ketemu suatu blog yang isinya tentang semua mata pelajaran. Alhasil tugas yang diberikan guru pun ketemu dan langsung saya catat di buku agar dapat dikumpulkan. Blog juga dapat menjadi media untuk mengungkapkan usul, komentar dan uneg-uneg seorang siswa tentang sistem pengajaran yang ada di sekolah.

salah satu blog yg berisi tentang mata pelajaran B.inggris


ada pun faktor penunjang pembelajaran  melalui media internet adalah koneksi internet. untunglah sekolah saya memiliki akses WiFi. jadi, tidak memerlukan pulsa untuk internetan di sekolah.
Selain memiliki banyak dampak positif,internet juga memiliki banyak dampak negatif. Pesan saya ambil positifnya , buang negatifnya itulah kunci pemanfaatan TIK  secara sehat.Mungkin cukup sekian artikel saya kali ini, bila ada salah kata saya mohon maaf. Kepada allah saya mohon ampun,
Wassalamualaikum wr. wb.

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Maju trus, semoga SDM IT Sumsel makin berkualitas

Unknown mengatakan...

salam kenal....happy blogging

yudha agung fradipta mengatakan...

@Deny suhardi : amin

@M. Chandra prajinata : salam kenal juga pak

Hilz mengatakan...

maju truzz Yudh ............

yudha agung fradipta mengatakan...

@hilz : makasih ya supportnya

Unknown mengatakan...

mantap mang artikelnya,...

kunjungi jga pnya q comment, like, share, & follow my blog here:
http://feridi94-tipsdantrik.blogspot.com/2012/06/pemanfaatan-teknologi-informasi-dan.html

Nadia Septifanny mengatakan...

terus menulis yah, salam kenal :)

yudha agung fradipta mengatakan...

@nadia septifanny : salam kenal juga

Anonim mengatakan...

gimana dengan sekolah anda, punya website/blog gak, efektifkah

yudha agungfradipta mengatakan...

@Deny Suhardi : punya pak, menurut saya lumayan efektif

handhiNeeY mengatakan...

articel yang menarik.. mampir juga di blog aku :))

salam kenal

Rahmadi Pambayun mengatakan...

mewakili SMK PGRI Tanjung Raja

Bgus jugo artikel dan blognyo,

Posting Komentar